JudulPROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP BALA KESELAMATAN PALU PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL |
Nama: SINDI GEBY SINTIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan profil kemampuan literasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII A SMP Bala Keselamatan Palu yang masing-masing terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang dan kemampuan matematika rendah. Data kemampuan literasi siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan literasi matematis dengan subjek kemampuan matematika tinggi (AD) untuk indikator literasi matematis dapat mencapai level 5 dapat mengetahui yang ditanyakan dari soal dan yang diketahui, dapat memilah informasi yang didapatkan pada soal serta mampu memodelkan soal kedalam model matematika, dapat menyelesaikan soal secara prosedur menyelesaikan langkah satu ke langkah berikutnya, dapat mengerjakan soal dengan berbagai cara, serta dapat mengembangkan pengetahuannya dengan cara melakukan evaluasi atau kesimpulan. (2) Profil kemampuan literasi matematis dengan subjek kemampuan matematika sedang (CT) untuk indikator literasi matematis dapat mencapai level 3 dapat mengetahui hal-hal yang diketahui dari soal dan yang ditanyakan dari soal, dapat memilah informasi dan dapat memodelkan soal kedalam model matematika, dapat menyelesaikan soal secara prosedur menyelesaikan langkah satu ke langkah berikutnya. (3) Profil kemampuan literasi matematis dengan subjek kemampuan matematika rendah (AP) untuk indikator literasi matematis dapat m encapai level 2 dapat mengetahui yang ditanyakan dari soal dan yang diketahui dari soal, dapat memilah informasi dan dapat memodelkan soal kedalam model matematika. Kata kunci: Profil, Literasi Matematis, Persamaan Linear. |