Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI MODEL PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY LEARNING) PADA MATERI PERBANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 6 PALU
Nama: IMROATUN FADILLAH
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi implementasi model penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII C SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Palu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VII C yang berjumlah 33 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahapan model penemuan terbimbing yang diterapkan adalah: 1) stimulation, 2) problem statement, 3) data collection, 4) data processing, 5) verification, 6) generalization. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi model penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C di SMP Negeri 6 Palu pada materi perbandingan. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari hasil analisis tes siswa dan hasil lembar observasi. Berdasarkan hasil tes awal, persentase ketuntasan klasikal siswa hanya 27,59%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 55,17%, dan pada siklus II persentasenya mencapai 77,42%. Karena pada siklus II indikator keberhasilan hasil belajar telah tercapai, dan indikator keberhasilan proses juga telah terpenuhi, yang ditandai dengan hasil lembar observasi aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Dengan dipenuhinya kedua indikator keberhasilan tindakan, maka penelitian ini dikatakan berhasil.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up