Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AMPIBABO
Nama: NI LUH REGITA EKA WIDHIANI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Pemahaman konsep siswa perlu untuk diprofilkan agar guru dapat mengetahui gambaran dari pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai di SMP Negeri 1 Ampibabo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ampibabo yang terdiri dari masing-masing satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sesuai rekomendasi guru. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data antara lain melakukan tugas tertulis dan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) subjek dengan kemampuan matematika tinggi: mampu menyatakan ulang konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan bahasa atau kata-kata sendiri; mampu mengidentifikasi perbandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan senilai dan berbalik nilai; mampu memberikan contoh dan non contoh perbandingan senilai dan berbalik nilai sesuai dengan karakteristik perbandingan senilai dan berbalik nilai; dan mampu dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur yang tepat untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan langkah-langkah penyelesaian yang lengkap dan benar (2) subjek dengan kemampuan matematika sedang mampu menyatakan ulang konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan kalimat sendiri; mampu mengidentifikasi perbandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan senilai dan berbalik nilai; mampu memberikan contoh dan non contoh perbandingan senilai dan berbalik nilai sesuai dengan karakteristik perbandingan senilai dan berbalik nilai; dan mampu menggunakan konsep perbandingan senilai untuk menyelesaikan masalah perbandingan senilai namun kurang mampu dalam memahami masalah perbandingan berbalik nilai sehingga keliru dalam menyelesaikan jawaban dan kurang teliti dalam perhitungan (3) subjek dengan kemampuan matematika rendah mampu menyatakan ulang konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan bahasa sendiri; mampu mengidentifikasi perbandingan senilai dan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan senilai dan berbalik nilai; mampu memberikan contoh dan non contoh perbandingan senilai dan berbalik nilai sesuai dengan karakteristik perbandingan senilai dan berbalik nilai; namun tidak mampu dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur yang tepat dalam menyelesaikan masalah perbandingan senilai dan berbalik nilai. Kata Kunci: Pemahaman konsep, perbandingan senilai dan berbalik nilai, kemampuan matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up