Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 6 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar
Nama: RINI PUSPITA DEWI
Tahun: 2023
Abstrak
Pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar perlu untuk diprofilkan agar guru dapat mengetahui gambaran dari pemahaman konsep matematika yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pemahaman konsep siswa kelas VII B SMP Negeri 6 Palu dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam menyatakan ulang konsep siswa berkemampuan matematika tinggi dan siswa berkemampuan matematika sedang mampu menjelaskan unsur-unsur pada bentuk aljabar dengan baik, siswa berkemampuan matematika sedang belum mampu membedakan variabel dan koefisien, sedangkan siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu mendefinisikan bentuk aljabar. Kemudian dalam mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung bentuk aljabar subjek berkemampuan matematika tinggi dan berkemampuan matematika sedang dapat dengan mudah dalam menjumlahkan suku yang sejenis. Kemudian dalam menyajikan soal cerita kemodel matematika siswa berkemampuan matematika tinggi dan siswa berkemampuan matematika sedang mampu menuliskan dengan lengkap informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dan mampu mengubah ke dalam model matematika dengan benar. Siswa berkemampuan matematika rendah mampu menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan, namun belum mampu mengubah ke dalam model matematika. Kemudian dalam menerapakan konsep secara logis siswa berkemampuan matematika tinggi dan siswa berkemampuan matematika sedang mampu memilih langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi 4 indikator pemahaman konsep yang digunakan dalam penelitian ini dengan sangat baik. Siswa berkemampuan matematika sedang dapat memenuhi 4 indikator pemahaman konsep dalam penelitian ini. Siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu memenuhi indikator pemahaman konsep pada penelitian ini. Kata Kunci: Profil, Pemahaman Konsep, Indikator Pemahaman Konsep, Bentuk Aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up