JudulAnalisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bilangan Berpangkat Kelas IX SMP Negeri 2 Banawa |
Nama: AIDA ZAHRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis miskonsepsi yang dialami siswa serta mengidentifikasi penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banawa pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 29 siswa kelas IX Edelweis yang dipilih berdasarkan hasil tes tertulis yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Subjek WK mengalami keempat jenis miskonsepsi yaitu miskonsepsi pengeneralisasian, miskonsepsi notasi, miskonsepsi penspesialisasian, dan miskonsepsi bahasa; subjek JR mengalami miskonsepsi pengeneralisasian dan miskonsepsi notasi; sedangkan subjek FAS hanya mengalami miskonsepsi pengeneralisasian. Penyebab miskonsepsi pada ketiga subjek umumnya berasal dari faktor internal, seperti prakonsepsi yang keliru, penalaran yang tidak lengkap, keterbatasan kemampuan kognitif, dan minat belajar yang rendah. Selain itu, faktor guru (penjelasan membingungkan atau terlalu cepat) serta faktor konteks sosial (pengaruh teman sebaya) turut berkontribusi terhadap terbentuknya miskonsepsi siswa.Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam mengenali dan menangani miskonsepsi secara dini agar tidak berlanjut pada pembelajaran berikutnya. Kata kunci: Analisis, Miskonsepsi, Bilangan Berpangkat, Kualitatif. |