Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pengetahuan Metakognisi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu Dalam Memecahkan Masalah Limit Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Matematika
Nama: INTAN PURNAMA MARZUKI
Tahun: 2023
Abstrak
Intan Purnama Marzuki, 2023. Profil Pengetahuan Metakognisi Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu dalam Memecahkan Masalah Limit Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang pengetahuan metakognisi siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu dalam memecahkan masalah limit fungsi ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi (ND), satu siswa berkemampuan matematika sedang (CA), dan satu siswa berkemampuan matematika rendah (SN). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil tugas tertulis dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek ND dalam memecahkan masalah limit fungsi melibatkan pengetahuan metakognisi yang ia miliki meliputi pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional pada setiap tahapan Polya mulai dari tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Subjek CA dalam memecahkan masalah limit fungsi melibatkan pengetahuan metakognisi yang ia miliki meliputi pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional pada setiap tahapan Polya mulai dari tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melakasanakan rencana penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban, namun pada tahap membuat rencana masih kurang lengkap pengetahuan proseduralnya dalam menyusun ide-ide rencana penyelesaian. Subjek SN dalam memecahkan masalah limit fungsi melibatkan pengetahuan metakognisi yang ia miliki, pada tahap memahami masalah hanya melibatkan pengetahuan deklaratifnya, pada tahap membuat rencana penyelesaian masalah melibatkan pengetahuan deklaratifnya, pengetahuan proseduralnya walaupun kurang lengkap dalam menyusun ide-ide rencana penyelesaian, dan melibatkan pengetahuan kondisionalnya, pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian masalah subjek SN melibatkan pengetahuan deklaratif, prosedural, dan kondisionalnya, sedangkan pada tahap memeriksa kembali jawaban subjek SN hanya melibatkan pengetahuan deklaratif, dan pengetahuan prosedural. Kata Kunci: Pengetahuan Metakognisi, Limit Fungsi, Kemampuan Matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up