Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPK BALA KESELAMATAN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: ANNISA ALFRIDAYANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII A SMPK Bala Keselamatan Palu yang terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan subjek kemampuan matematika tinggi yaitu subjek dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan baik serta mengekspresikan ide matematis yang diperoleh berdasarkan informasi yang diketahui, dapat melakukan perkalian dan penjumlahan bentuk aljabar dengan benar dan menyajikannya dengan jelas,serta dapat mengungkapkan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dan menyimpulkan hasil jawaban dengan baik secara lisan dan tulisan. (2) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan subjek kemampuan matematika sedang yaitu subjek dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal secara lengkap juga dapat mengekspresikan ide matematis yang diperoleh berdasarkan informasi yang diketahui, namun belum dapat mengekspresikan ide-ide matematis dari suatu situasi permasalahan matematika dengan sempurna karena keliru dalam menyelesaikan penjumlahan bentuk aljabar. Kemudian dapat menyajikan dan mengungkapkan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan serta dapat menyimpulkan hasil jawaban dengan baik dan jelas secara lisan dan tulisan. (3) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dengan subjek kemampuan rendah yaitu subjek dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan baik namun tidak mengekspresikan ide matematis yang diperoleh. Kemudian keliru dalam mengerjakan bentuk aljabar, sehingga hasil yang diperoleh kurang tepat. Lalu keliru dalam menyelesaian rumus yang digunakan dalam perkalian bentuk aljabar dan belum menyimpulkan hasil jawaban yang diperoleh.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up