JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT |
Nama: INKA INDRIANI SAGIAGORA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dibuat oleh siswa kelas tujuh SMP Negeri 4 Palu dalam menyelesaikan soal cerita tentang operasi hitung bilangan bulat. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika mereka (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes tertulis dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis kesalahan Newman (Newman’s Error Analysis NEA), yang mencakup lima tahap: membaca, pemahaman,transformasi, keterampilan proses, dan kesalahan pada jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan rendah dan sedang cenderung melakukan kesalahan pada tahap transformasi dan keterampilan proses, sementara siswa dengan kemampuan tinggi lebih sering melakukan kesalahan pada penulisan jawaban akhir. Penyebab utama kesalahan adalah kurangnya pemahaman konsep dasar matematika dan ketidakakuratan dalam perhitungan. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih fokus pada pengajaran konsep dasar matematika dan melatih siswa untuk lebih teliti dalam menyelesaikan soal cerita. |