JudulProfil Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Parigi |
Nama: RENI ROFIKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Parigi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa yaitu, siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah memiliki profil kemampuan pemecahan masalah pada materi teorema Pythagoras sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah menentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan. (2) tahap merencanakan pemecahan masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang dapat membuat rencana pemecahan masalah secara tepat, siswa berkemampuan matematika rendah tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah yang tepat. (3) tahap melaksanakan pemecahan masalah, siswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang memperoleh hasil pemecahan masalah yang tepat, siswa berkemampuan matematika rendah tidak memperoleh hasil pemecahan masalah karena tidak menyelesaikan langkah pemecahan masalah. (4) tahap memeriksa kembali jawaban, siswa berkemampuan matematika tinggi mensubstitusikan hasil yang telah didapat dan nilai yang diketahui pada soal ke dalam rumus teorema Pythagoras yang menghasilkan ruas kiri dan kanan sama sehingga yakin jawabannya benar, siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak memeriksa kembali hasil pemecahan masalahnya. |