JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 TORIBULU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: DEWI ULFIANA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Dewi Ulfiana, 2023. Profil Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Toribulu Ditinjau Dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. I Nyoman Murdiana, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah bentuk aljabar siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Toribulu ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Toribulu tahun ajaran 2022/2023 dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data tentang gaya belajar siswa diperoleh dengan memberikan angket gaya belajar, sedangkan data tentang pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar visual yaitu SV memahami masalah dengan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara rapi dan teratur dan dapat menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dari soal secara lengkap, merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali jawaban yang telah dilakukan. (2) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar auditorial yaitu SA memahami masalah dengan membaca keras, menuliskan hal yang diketahui tetapi tidak menuliskan hal yang ditanyakan, merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana penyelesaian dan melakukan langkah memeriksa kembali. (3) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu SK memahami masalah dengan membaca menggunakan petunjuk jari, menyusun rencana penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana penyelesaian dengan baik dan benar serta memeriksa kembali jawaban yang dilakukan. Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Bentuk Aljabar, Gaya Belajar. |