Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TENTANG MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 21 PALU
Nama: RIZKI RESTIKA
Tahun: 2025
Abstrak
Rizki Restika, 2024. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Tentang Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Matematika Di SMP Negeri 21 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dosen Pembimbing Dr. Sukayasa, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMP Negeri 21 Palu materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan matematika. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Palu yaitu terdiri dari satu orang siswa laki-laki berkemampuan tinggi dan satu orang siswa perempuan berkemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek FT laki-laki berkemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir kritis yakni, interpretasi : subjek mampu memahami masalah dan mampu menentukkan apa yang diketahui dan ditanyakan sesuai dengan informasi yang didapatkan, analisis : subjek mampu menghubungkan apa yang diketahui dan ditanyakan sehingga mampu menentukan model rumus yang harus digunakan untuk menyelesaikan dan mendapatkan hasil akhir, evaluasi : subjek menggunakan srtrategi dengan mencari terlebih dahulu apa yang belum diketahui pada tes sehingga subjek dapat menyelesaikan dan mendapatkan hasil akhir dari tes yang diberikan, inferensi : subjek mampu menarik kesimpulan sesuai dengan apa yang ditanyakan dengan baik. Subjek EG perempuan berkemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir kritis yakni, interpretasi : mampu menentukkan apa yang diketahui dan ditanyakan pada tes dengan baik, analisis : mampu menghubungkan apa yang diketahui dan ditanyakan sehingga mampu menentukkan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan tes, evaluasi : subjek menggunakan strategi yang tepat dengan mencari terlebih dahulu apa yang belum diketahui kemudian mencari hasil akhir dari tes yang diberikan, dan inferensi : subjek mampu menarik kesimpulan berdasarkan dengan apa yang ditanyakan pada tes dengan baik. Kata Kunci: Profil, Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up