Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI PENYELESAIAN SOAL CERITA ALJABAR DI KELAS VIII SMPN I SIGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Nama: RICK CLOVE
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penyelesaian Soal Cerita Aljabar Di Kelas VIII SMPN 1 SIGI Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan penyelesaian. Subjek penelitian adalah 3 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Sigi dengan gaya belajar yang berbeda yaitu; siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. data diperoleh dari hasil soal tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek dengan gaya belajar visual yaitu GV dapat menyelesaikan enam dari tujuh indikator literasi matematika yaitu tahap komunikasi, matematis, representasi, merancang strategi pemecahan masalah, pengunaan simbol, bahasa formal dan teknis serta penggunaan operasi, dan pengunaan alat matematika. Subjek dengan gaya belajar auditori yaitu GA dapat menyelesaikan kelima indikator literasi matematika yaitu tahap komunikasi, matematis, representasi, penalaran dan argumen, merancang strategi pemecahan masalah, pengunaan simbol, bahasa formal dan teknis serta penggunaan operasi, dan pengunaan alat matematika. Subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu GK dapat menyelesaikan empat dari lima indikator literasi matematika yaitu tahap komunikasi, matematis, representasi, merancang strategi pemecahan masalah, pengunaan simbol, bahasa formal dan teknis serta penggunaan operasi, dan pengunaan alat matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up