Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TOMINI DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS
Nama: LILIS
Tahun: 2024
Abstrak
Lilis, 2024. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tomini dalam Memecahkan Masalah pada Materi Persamaan Garis lurus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sutji Rochaminah, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tomini dalam memecahkan masalah pada materi persamaan garis lurus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Tomini yang memiliki kategori siswa yang berkemampuan matematika tinggi, siswa berkemampuan matematika sedang, dan siswa yang berkemampuan matematika rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian ini terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung dalam peneleitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DTA dan RM menyelesaikan soal perersamaan garis lurus dengan memenuhi semua kriteria berpikir kritis mulai dari indikator focus, reason, infernece, situation, clarity dan overview, tetapi DTA dan RM memiliki aktivitas berpikir yang berbeda yaitu DTA atau subjek berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan tugas dengan penyelesaian yang lebih panjang dengan pemikiran yang teliti. Sedangkan RM atau subjek berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan tugas dengan penyelesaian dengan cara yang lebih ringkas. Hal ini menunjukkan bahwa DTA dan RM meskipun memenuhi semua indikator berpikir kritis namun terdapat perbedaan aktivitas berpikir dalam menyelesaikan masalah hal ini didukung oleh data jawaban tertulis dan wawancara. Sedangkan T atau subjek berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan tugas dengan cara yang sangat singkat, tetapi T memenuhi 5 kriteria berpikir kritis mulai dari indikator focus, reason, situation, clarity dan overview. Tetapi T tidak memenuhi satu indikator yaitu infernece, karena T tidak dapat menyimpulkan jawaban akhirnya. Kata kunci: Berpikir Kritis, Persamaan Garis Lurus, Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up