JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR SISWA KELAS VIII SMPN 5 SIGI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: MUH. AMIRUL MUKMININ |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 5 Sigi pada materi bangun ruang sisi datar yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Sigi dengan 3 orang subjek yaitu 1 orang bergaya belajar visual, 1 orang bergaya belajar auditorial, dan 1 orang bergaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama dan instrumen bantu dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes tertulis dan pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: masing-masing gaya belajar memiliki pemahaman konsep bangun ruang sisi datar yang berbeda-beda. Subjek dengan gaya belajar visual menunjukkan pemahaman yang baik dalam mengenali, memberikan contoh, serta mendefinisikan bangun ruang sisi datar dengan urut dan jelas, kemudian subjek visual cenderung menggambar terlebih dahulu ketika mengaitkan konsep seperti menggambar segitiga untuk teorema Pythagoras serta menyelesaikan soal dengan benar menggunakan rumus yang tepat. Subjek dengan gaya belajar auditorial menjelaskan konsep dengan baik secara lisan, tetapi kurang teliti dalam penerapannya, sehingga terjadi kesalahan dalam perhitungan. Hal ini terjadi karena ruangan yang cukup bising sehingga membuat subjek auditorial kurang fokus dan kehabisan waktu ketika mengerjakan yang memicu untuk terburu-buru. Subjek dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan pemahaman yang cukup, tetapi kurang teliti dalam menuliskan dan menjelaskan rumus, serta mengalami kesalahan dalam menghitung. Hal ini dikarenakan subjek kinestetik tidak fokus karena sering bergerak dan berpindah tempat ketika sedang mengerjakan tes. |