Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUpaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Parigi Kelas VIII B Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Nama: MUH. NADHIM
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Parigi dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Parigi berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengikuti langkah-langkah: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi (Think), 3) mengorganisasi siswa ke dalam kelompok (Pair), 4) membimbing siswa kerja dan belajar (Share), 5) mengevaluasi, 6) memberikan penghargaan. Hal ini berdasarkan hasil tes akhir tindakan, pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan klasikal sebesar 28,57?n pada siklus II presentasi ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 78,57%. Kemudian hasil observasi aktivitas guru dan siswa pada siklus I belum berjalan dengan baik sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru dan siswa telah berlahan dengan baik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up