JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 SIGI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL |
Nama: SARTIKA RAMADHANI S. |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang kemampuan matematis siswa melalui penyelesaian soal cerita persamaan linear satu variabel di kelas VII B SMP Negeri 1 Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada langkah pemecahan masalah yang dikemukakan oleh Polya. Subjek penelitian adalah tiga siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sigi yang memiliki tingkat kemampuan matematika yang berbeda yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh dari hasil penugasan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang berkemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan keempat indikator pemecahan masalah matematika yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil pekerjaan. Subjek yang berkemampuan matematika sedang dapat menyelesaikan tiga dari empat indikator pemecahan masalah yaitu tahap memahami masalah, tahap membuat rencana pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. Subjek yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah persamaan linear satu variabel dapat menyelesaikan dua dari empat indikator yaitu tahap memahami masalah dan tahap membuat rencana pemecahan masalah. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, soal cerita, persamaan linear, variabel, kemampuan matematika. |