JudulProfil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 4 Dampal Utara Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Berdasarkan Gaya Belajar |
Nama: SITTI ARNISAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Sitti Arnisah, 2023. “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 4 Dampal Utara dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segitiga Berdasarkan Gaya Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Sukayasa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dampal Utara dalam menyelesaikan soal cerita segitiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dampal Utara yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan berpikir kritis subjek bergaya belajar visual dalam menyelesaikan soal cerita segitiga yaitu SV mampu menyebutkan secara lisan atau tulisan informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari masalah yang diberikan secara jelas. Mampu memberikan alasan untuk mendukung kesimpulan yang dibuat. Mampu membuat kesimpulan dengan tepat dari permasalahan berdasarkan langkah-langkah penyelesaian. Mampu menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan. Mampu menjelaskan arti istilah-istilah yang terdapat dalam soal dan mampu mengecek atau memeriksa apa yang telah ditemukan dan dikerjakan. (2) Profil kemampuan berpikir kritis subjek bergaya belajar auditorial dalam menyelesaikan soal cerita segitiga yaitu SA mampu menyebutkan secara lisan atau tulisan informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari masalah yang diberikan. Mampu memberikan alasan untuk mendukung kesimpulan yang dibuat. Belum mampu membuat kesimpulan dengan tepat dari permasalahan berdasarkan langkah-langkah penyelesaian. Mampu menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan. Mampu menjelaskan arti istilah-istilah yang terdapat dalam soal dan belum mampu mengecek atau memeriksa apa yang telah ditemukan dan dikerjakan. (3) Profil kemampuan berpikir kritis subjek bergaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita segitiga yaitu SK mampu menyebutkan secara lisan atau tulisan informasi apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari masalah yang diberikan secara jelas. Mampu memberikan alasan untuk mendukung kesimpulan yang dibuat. Mampu membuat kesimpulan dengan tepat dari permasalahan berdasarkan langkah-langkah penyelesaian. Mampu menggunakan semua informasi yang sesuai dengan permasalahan. Mampu menjelaskan arti istilah-istilah yang terdapat dalam soal dan tidak mampu mengecek atau memeriksa apa yang telah ditemukan dan dikerjakan. Kata Kunci: Profil, berpikir kritis, segitiga, gaya belajar |