JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL |
Nama: JOSHUA STEGWINLI LANGGARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Salah satu kemampuan dalam matematika yang perlu dikembangkan oleh siswa sejak dini adalah kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Kriteria berpikir kritis yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah indicator menurut Ennis yaitu FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity dan overview). Subjek dalam penelitian adalah 3 orang siswa SMP Negeri 19 Palu yang memiliki tingkat kemampuan matematika berbeda. Ketiga subjek diambil berdasarkan 3 kategori, yaitu siswa dengan kategori berkemampuan matematika tinggi, berkemampuan matematika sedang dan berkemampuan matematika rendah. Data diperoleh dari hasil penugasan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi memenuhi kriteria focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview. Subjek berkemampuan sedang memenuhi kriteria focus, reason, inference, dan overview. Subjek berkemampuan rendah memenuhi kriteria focus. Kata kunci: Berpikir kritis, soal cerita, persamaan linear, variabel |