Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) MENGGUNAKAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS SERTA BALOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POSO PESISIR
Nama: NURFADILA
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Nurfadila, 2023. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar materi Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Rizal, M.Si. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meneliti bahwa Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar materi Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 18 orang siswa dan dipilih 4 orang siswa yang bertugas menjadi Tutor serta dipilih 3 orang siswa sebagai informan dan dibentuk 4 kelompok belajar yang heterogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar materi Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir dengan mengikuti tahap-tahap pembelajaran PBL yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah, pada tahap ini guru memberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan materi, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, pada tahap ini guru membentuk kelompok dan siswa bergabung pada kelompok masing-masing dan setiap kelompok memiliki seorang Tutor serta pada tahap ini guru menjelaskan tanggung jawab siswa dalam kelompok dan tanggung jawab Tutor dalam kelompok, 3) Membimbing pengalaman individual/kelompok, pada tahap ini Tutor membantu teman-teman kelompoknya namun tetap dalam pengawasan guru, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pada tahap ini guru memilih secara acak siswa yang akan mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya dan mempersilahkan kepada seluruh siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, pada tahap ini guru membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah mereka kerjakan dan siswa bersama tutor sebaya menyusun kembali hasil pemikiran dan kegiatan yang telah mereka kerjakan. Pada Siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 6 siswa dengan presentase ketuntasan 33,33?n pada Siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 13 siswa dengan presentase ketuntasan 76,47%. Hasil observasi aktivitas guru Siklus I berada pada kategori cukup baik dengan nilai 69,56?n mengalami peningkatan pada Siklus II yakni 95,65?ngan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa Siklus I berada pada kategori cukup baik dengan nilai 64,28?n mengalami peningkatan pada Siklus II yakni 92,85?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model (PBL) menggunakan Tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar materi Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Tutor Sebaya; hasil belajar; Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up