JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA MAN DONGGALA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: NURHALIZAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nurhalizah, 2023. . Profil Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA MAN Donggala dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Ditinjau dari Gaya Kognitif. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universistas Tadulako, Pembimbing Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel ditinjau dari gaya kognitif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 MAN Donggala yang terdiri dari 4 orang yang diambil masing-masing 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang memiliki gaya kognitif FI dan gaya kognitif FD. Data kemampuan komunikasi siswa diperoleh dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan SPLTV memiliki gaya kognitif Field dependent laki-laki yaitu tidak dapat mencapai semua indikator (2) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan SPLTV memiliki gaya kognitif Field dependent perempuan mencapai satu indikator yaitu pada indikator I; mampu dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bentuk bahasa atau kalimat matematika. (3) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan SPLTV memiliki gaya kognitif Field Independent laki-laki mencapai dua indikator yaitu pada indikator I; mampu dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bentuk bahasa atau kalimat matematika. Pada indikator II; mampu memahami, menginterprestasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan maupun dalam bentuk visual lainnya. (4) Profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan SPLTV memiliki gaya kognitif Field Independent perempuan mencapai ketiga indikator yaitu pada indikator I; mampu dalam menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bentuk bahasa atau kalimat matematika. Pada indikator II; mampu memahami, menginterprestasikan, mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan maupun dalam bentuk visual lainnya. Pada indikator III; mampu dalam menyimpulkan hasil jawaban secara lisan dan tulisan. |