JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS X MAN SIGI |
Nama: SUCI RAMADHANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Suci Ramadhani, 2023. Profil Pemecahan Masalah Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Siswa Kelas X MAN Sigi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah sistem pertidaksamaan linear dua variabel siswa kelas X MAN Sigi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 MAN Sigi, kemudian dipilih terdiri dari dua orang siswa yaitu satu siswa berkemampuan tinggi dan satu siswa berkemampuan rendah. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan masalah tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap memahami masalah, subjek berkemampuan tinggi dapat mengindentifikasi informasi-informasi yang terdapat pada masalah. Sedangkan subjek berkemampuan rendah dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada masalah dapat mengidentifikasi informasi yang terdapat pada masalah tetapi tidak mengerti maksud dari masalah yang diberikan. (2) Tahap melaksanakan rencana, subjek berkemampuan tinggi membuat pemisalan variabel x dan variabel y, membuat model matematika sistem pertidaksamaan dengan menggunakan informasi yang terdapat pada masalah dan menggunakan metode substitusi untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan subjek berkemampuan rendah, tidak dapat membuat rencana atau strategi untuk menyelesaiakan masalah. (3) Tahap melaksanakan rencana, subjek berkemampuan tinggi, menghubungkan informasi pada tahap memahami dengan rencana yang telah dibuat untuk digunakan dalam proses melaksanakan rencana yakni menggunakan metode substitusi. Sedangkan subjek berkemampuan rendah, tidak terdapat penyelesaian atau proses yang dilakukan untuk melaksanakan rencana. (4) Tahap memeriksa kembali, subjek berkemampuan tinggi mampu menyimpulkan jawaban dan yakin atas apa yang telah dia kerjakan. Sedangkan subjek berkemampuan rendah tidak terdapat penyelesaian untuk melakukan pemeriksaan kembali. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, sistem pertidaksamaan linear dua variabel, tahapan polya |