JudulPenerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu Pada Materi Matriks |
Nama: AINUN NISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Ainun Nisa. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu Pada Materi Matriks. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu pada materi Matriks. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu yang berjumlah 34 orang siswa dan dipilih enam orang siswa yang bertugas menjadi Tutor serta dipilih tiga orang siswa sebagai informan dan dibentuk 6 kelompok belajar yang heterogen. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi matriks dikelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu dengan mengikuti tahaptahap pembelajaran berbasis masalah yaitu: 1) Orientasi siswa pada masalah, pada tahap ini guru mengajukan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari sesuai dengan materi, 2) Mengorganisasi siswa untuk belajar, pada tahap ini siswa bergabung pada kelompok masing-masing dan setiap kelompok memiliki seorang Tutor serta pada tahap ini guru menjelaskan tanggung jawab siswa dalam kelompok dan tanggung jawab Tutor dalam kelompok, 3) Membimbing pengalaman individual/kelompok, pada tahap ini Tutor membantu teman-teman kelompoknya namun tetap dalam pengawasan guru, 4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, pada tahap ini guru memilih secara acak siswa yang akan mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya dan mempersilahkan kepada seluruh siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain, 5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, pada tahap ini guru membantu siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah mereka kerjakan dan siswa bersama tutor sebaya menyusun kembali hasil pemikiran dan kegiatan yang telah mereka kerjakan. Peningkatan hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan penelitian pada siklus I dan siklus II, diperoleh dari tes akhir tindakan siklus I dan siklus II serta wawancara pada informan. Selain itu, data hasil observasi aktifitas guru dalam mengelolah pembelajaran dan aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dapat dilihat dari lembar hasil observasi meningkat menjadi sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI OTKP 4 SMK Negeri 2 Palu pada materi Matriks. Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Matriks |