JudulPengaruh Motivasi Belajar Dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu |
Nama: MOHAMAD FIKRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu (2) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu (3) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu pada tahun ajaran tahun 2022/2023 yang berjumlah 177 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 92 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket motivasi belajar, angket regulasi diri, dan tes prestasi belajar matematika siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat linier, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% (1) nilai sig (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 19,3% (2) nilai sig (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 25,7% (3) nilai sig (0,000) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan regulasi diri siswa kelas XII IPA SMA Negeri 7 Palu sebesar 32,9%. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Regulasi Diri, Prestasi Belajar Matematika Siswa |