JudulProfil Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan Fungsi Ditinjau Dari Jenis Kelamin |
Nama: NANDA PUSPITA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nanda Puspita, 2023. Profil Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Turunan Fungsi Ditinjau dari Jenis Kelamin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN Model Terpadu Madani Palu dalam menyelesaikan soal cerita turunan fungsi ditinjau dari jenis kelamin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki atau S1 dan siswa perempuan atau S2 kelas XI MIPA 2 SMAN Model Terpadu Madani Palu yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama (peneliti sendiri) dan instrumen pendukung meliputi pemberian tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa S1 dan S2 dalam menyelesaikan soal turunan sesuai dengan kriteria berpikir kritis mulai dari indikator focus, reason, inference, sitation, clarity dan overview. Namun subjek satu dan subjek dua memiliki aktivitas berpikir yang berbeda yaitu S1 atau siswa laki-laki menyelesaikan tugas dengan penyelesaian yang lebih ringkas dengan cara berpikir yang lebih logis, sedangkan S2 atau subjek perempuan menyelesaikan tugas dengan penyelesaian yang lebih lama dengan kemampuan verbal yang lebih cakap dan pemikiran yang teliti dan cermat. Hal ini menunjukkan bahwa S1 dan S2 meskipun memiliki kemampuan matematika yang setara, namun terdapat perbedaan aktivitas berpikir dalam menyelesaikan masalah yang didukung oleh data jawaban tertulis dan hasil wawancara. Kata Kunci: Berpikir Kritis; Turunan Fungsi Aljabar, Jenis Kelamin |