JudulProfil Berpikir Kreatif Siswa MTs Negeri 1 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segi Empat Di Tinjau Dari Gaya Kognitif |
Nama: TASYA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Tasya, 2023. Profil Berpikir Kreatif Siswa MTs Negeri 1 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang berpikir kreatif siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Palu dalam menyelesaikan soal cerita segi empat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Palu yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Pengumpulan data dilakukan melalui GEFT, tugas tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Subjek dengan gaya kognitif FI menyelesaikan masalah yang diberikan dengan menggunakan beberapa ide yang relevan. Subjek menyelesaikan masalah dengan menggunakan dua cara dengan hasil akhir yang sama dan benar. Subjek menyelesaikan masalah secara rinci dan detail dengan menyebutkan yang diketahui dan yang ditanyakan dari masalah yang diberikan sehingga subjek bisa menentukan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Jadi, dapat dikatakan subjek dengan gaya kognitif FI cenderung merespon sesuatu lebih baik dan cenderung mampu berpikir secara individual dengan mengembangkan stimulus menggunakan persepsi yang dimilikinya sendiri. Hal ini menunjukkan subjek dengan gaya kognitif field independent (FI) memiliki kreatifitas ditingkat 3 (kreatif) karena hanya memenuhi indikator fluency, flexibility dan elaboration. (2) Subjek dengan gaya kognitif FD menjawab soal cerita segi empat dengan satu cara dengan hasil akhir benar, subjek tidak menyelesaikan tugas secara detail dan tidak menguraikan secara rinci yang diketahui dari masalah tersebut, akan tetapi subjek tidak menggunakan cara yang biasa untuk menyelesaikan masalah tersebut sehingga subjek memenuhi indikator originality/kebaruan. Hal ini menunjukkan subjek dengan gaya kognitif field dependent (FD) memiliki kreatifitas ditingkat 1 (kurang kreatif) karena hanya memenuhi indikator originality. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Field Dependent, Field Independent |