Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Parigi
Nama: VILIA KRISTILIA PAROMPON
Tahun: 2023
Abstrak
Vilia Kristilia Parompon, 2022. Profil Pemecahan masalah dalam Menyelesaikan soal PISA Konten Quantity Oleh Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Parigi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Muh. Hasbi, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity pada materi operasi aritmatika oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 parigi berdasarkan langkah pemecahan masalah menurut Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa, teknik pemilihannya masing-masing 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa dari kelompok berkemampuan sedang dan 1 siswa dari kelompok berkemampuan rendah. Data tentang kemampuan matematika siswa diperoleh dengan memberikan tes kemampuan awal, sedangkan data tentang pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan lembar tugas, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Profil siswa yang bekemampuan matematika tinggi dalam : a) Memahami masalah, siswa menuliskan dan menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta mampu menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri, b) Membuat rencana pemecahan masalah, siswa membuat rencana yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menggunakan langkah - langkah pemecahan masalah dengan tepat dan benar dalam menjawab soal, d) Memeriksa kembali, siswa memeriksa kembali jawaban dengan perhitungan ulang. (2) Profil siswa yang berkemampuan sedang dalam : a) Memahami masalah, siswa menuliskan dan menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan serta mampu menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri, b) Membuat rencana pemecahan masalah, siswa membuat rencana yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa menggunakan langkah - langkah pemecahan masalah dengan tepat dan benar dalam menjawab soal, d) Memeriksa kembali, siswa tidak memeriksa kembali jawaban. (3) Profil siswa yang berkemampuan rendah dalam : a) Memahami masalah, siswa mampu mengindentifikasi informasi yang ada pada masalah dan menyebutkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah serta mampu menceritakan kembali masalah dengan bahasanya sendiri, b) Membuat rencana pemecahan masalah, tidak dapat membuat rencana pemecahan masalah, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, siswa tidak menggunakan langkah - langkah pemecahan masalah dengan tepat dan benar dalam menjawab soal, d) Memeriksa kembali, siswa tidak memeriksa kembali jawaban.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up