JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI KELAS IX MTsN 1 KOTA PALU |
Nama: MUHAMMAD SUWARDIN |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa berkemampuan tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah open ended persamaan kuadrat di kelas XI MTsN 1 Kota Palu. Dua orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa berkemampuan tinggi dan seorang siswa berkemampuan sedang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mendapatkan data mengenai pemahaman konsep persamaan kuadrat sedangkan teknik wawancara digunakan untuk mendalami pemahaman materi pada subjek. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan tinggi, (1) Pada tahap kefasihan, subjek memenuhi semua indikator dimana siswa mampu menyelesaikan soal yang diberikan dengan berbagai macam ide-ide atau solusi untuk mengerjakan soal, (2) Pada tahap fleksibilitas, subjek berkemampuan tinggi sudah memenuhi semua indikator dimana siswa dapat mengerjakan dengan dua cara yaitu yang pertama mengerjakan dengan cara faktorisasi dan yang kedua mengerjakan dengan menggunakan rumus ABC, (3) Pada tahap kebaruan, subjek berkemampuan tinggi belum memenuhi indikator kebaruan dimana siswa belum mampu membuat atau mengerjakan dengan caranya sendiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek berkemampuan sedang, (1) Pada tahap kefasihan, subjek memenuhi indikator kefasihan dimana siswa fasih dalam memberikan jawabanya seperti dalam penyelesaian soal siswa mengerjakan dengan berbagai macam ide-ide atau solusi, (2) Pada tahap fleksibilitas, subjek berkemampuan sedang belum memenuhi indikator ini, dimana subjek hanya dapat mengerjakan dengan satu jawaban saja dan tidak dapat mengerjakan dengan cara yang lain, (3) Pada tahap kebaruan, subjek berkemampuan sedang belum memenuhi indikator ini dimana subjek hanya dapat mengerjakan dengan cara yang sudah pernah dan belum dapat mengerjakan dengan caranya sendiri. Subjek berkemampuan tinggi memenuhi 2 indikator sehingga tingkat berpikir kreatif subjek berkemampuan tinggi ada pada tingkat 3 yaitu kategori kreatif. Sedangkan subjek berkemampuan sedang memenuhi 1 indikator sehingga tingkat berpikir kreatif nya ada pada tingkat 1 yaitu kategori kurang kreatif. Kata Kunci : Analisis, Pemecahan Masalah, Persamaan Kuadrat, Berpikir Kreatif, Kemampuan Matematika. |