Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 TIKKE RAYA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Nama: ANNISA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X IPA SMA Negeri 1 Tikke Raya ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa kelas X yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Pengumpulan data gaya belajar dilakukan dengan memberikan angket gaya belajar, sedangkan data pemahaman konsep siswa diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari subjek auditorial menuliskan rumus perbandingan trigonometri dengan lengkap dan benar, subjek visual tidak dapat menuliskan rumus perbandingan trigonometri dengan lengkap, dan subjek kinestetik tidak dapat menuliskan rumus perbandingan trigonometrti; (2) Mengklasifikasi objek-obek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut, subjek visual, auditorial, dan kinestetik mampu mengelompokkan sin, cos, tan, cosec, sec, dan tan berdasarkan sudutnya; (3) Memberikan contoh atau bukan contoh konsep yang dipelajari, yaitu subjek visual, auditorial, dan kinestetik membedakan penerapan dan bukan penerapan trigonometri dikehidupan sehari-hari; (4) Menyajikan konsep kedalam bentuk gambar, yakni subjek visual, auditirial, dan kinestetik mampu mengilustrasikan soal kedalam bentuk sketsa gambar segitiga siku-siku; (5) Menerapkan konsep secara logis, subjek visual, auditorial, dan kinestetik menggunakan rumus Phytagoras untuk menentukan nilai panjang sisi segitiga siku-siku. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Perbandingan Trigonometri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up