Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 6 PALU PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Nama: AYU SYIFA WIDYANINGRUM
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Palu pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 6 Palu yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi matematika subjek berkemampuan matematika tinggi yaitu ST berada pada level 4. Subjek ST dapat menggunakan konteks yang dikenal untuk menyelesaikan soal, mengidentifikasi informasi sehingga dapat mengubah soal kedalam bentuk matematika, dan melakukan prosedur dengan jelas dalam memecahkan masalah, menafsirkan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi yang berbeda dan subjek dapat mengemukakan alasannya dengan langsung. Kemampuan literasi matematika subjek berkemampuan matematika sedang yaitu SS berada pada level 3. Subjek SS dapat juga menggunakan cara-cara umum yaitu cara yang dikenal atau yang biasa digunakan untuk menyelesaikan soal serta dapat melakukan identifikasi terhadap informasi yang didapatkan pada soal, kemudian memilah informasi yang relevan sehingga subjek dapat membuat model matematikanya dan memecahkan masalah dengan menggunakan prosedur dengan jelas termasuk prosedur yang memerlukan keputusan berurutan. Kemampuan literasi matematika subjek berkemampuan matematika rendah yaitu SR berada pada level 1. Subjek SR pada saat mengerjakan soal dengan menggunakan konteks yang dikenal yaitu cara-cara umum kemudian mengidentifikasi informasi pada soal sehingga dapat mengubah soal kebentuk matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up