JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI DIMENSI TIGA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 AMPANA DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL-SPASIAL |
Nama: RIFKI NUFRIANSYAH N |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Rifki Nufriansyah N, 2022. “Profil Pemecahan Masalah Geometri Dimensi Tiga Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Ampana Ditinjau Dari Kecerdasan Visual-Spasial”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dasa Ismaimuza. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah geometri dimensi tiga siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ampana ditinjau dari kecerdasan visual-spasial. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ampana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 2 orang, yang terdiri dari 1 orang dengan tingkat kecerdasan visual-spasial tinggi NA dan 1 orang dengan tingkat kecerdasan visual-spasial rendah SA. Pemecahan masalah pada penelitian ini mengacu pada langkah-langkah Polya. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Profil pemecahan masalah subjek NA dengan tingkat kecerdasan visual-spasial tinggi dalam : a) Memahami masalah, subjek menggambar kembali balok persis yang ada pada soal, mengidentifikasi dan menuliskan semua panjang rusuk yang diketahui, serta yang ditanyakan b) Membuat rencana pemecahan masalah, subjek memiliki strategi yang jelas dalam mencari titik kegaris diagonal bidang dengan menggunakan rumus luas segitiga, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek menerapkan rencana pemecahan masalah yang telah dirancang sebelumnya sehingga memperoleh jarak dari titik ke garis diagonal bidang, d) Memeriksa kembali, subjek melihat-lihat kembali hasil pekerjaannya sambil sesekali menghitung semua tahapan pada jawaban. (2) Profil pemecahan masalah subjek SA dengan tingkat kecerdasan visual-spasial rendah dalam : a) Memahami masalah, subjek mengidentifikasi informasi yang ada pada masalah dan menuliskan semua panjang rusuk yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah, b) Membuat rencana pemecahan masalah, subjek menggunakan rumus yang tidak tepat yaitu panjang sisi dikalikan ?2, subjek juga tidak menyebutkan rumus yang digunakan dalam menyelesaikan masalah sehingga subjek tidak memiliki strategi yang jelas dalam menyusun rencana, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan karena saat mengerjakan masalah tersebut subjek menggunakan rumus yang tidak tepat, d) Memeriksa kembali, subjek tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban. Kata kunci : Profil, Pemecahan masalah, Geometri dimensi tiga, Visual-spasial |