JudulAnalisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan LInear Satu Variabel (PLSV) |
Nama: ELIS SAFIRA KARINDAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Elis Safira Karindah, 2025. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP NEGERI 19 Palu Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimuza. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear satu variabel (PLSV) berdasarkan tahapan newman dan penyebabnya. Data ini dikumpulkan melalui tugas tertulis dan wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII b di SMP Negeri 19 Palu. Informan dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VII b dengan masing masing satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa bekemampuan rendah di SMP Negeri 19 Palu yang melakukan kesalahan terbanyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami, (3) kesalahan mentransformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan menulis jawaban. Faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu: (1) siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. (2) siswa tidak mampu membaca kata-kata atau mengenal simbol dalam soal (3) tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaikan soal (4) siswa terburu-buru pada saat menyelesaikan soal. (5) siswa kurang paham terhadap materi yang dipelajari. Kata kunci: analisis kesalahan, Persamaan Linear Satu Variabel, Newman |