JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII MAN SIGI PADA SOAL MATRIKS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR VISUAL |
Nama: RAHMA SARITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Rahma Sarita, 2024. “Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MAN SIGI dalam Menyelesaikan Soal Matrkis Ditinjau dari Gaya Belajar visual”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Tegoeh S. Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MAN SIGI dalam Menyelesaikan Soal Matrkis Ditinjau dari Gaya Belajar visual. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 MAN SIGI yang bergaya belajar visual. Ciri gaya belajar visual kemampuan mengingat informasi yang dilihat dan lebi suka membaca daripada mendengarkan penjelasan orang lain. Menentukan subjek dalam penelitian ini calon peneliti memberikan angket gaya belajar yang terdiri dari 10 pertanyaan dan setiap pertanyaan mempunyai 3 pilihan a, b, c jika seorang siswa paling dominan memilih a maka siswa tersebut bergaya belajar visual, jika seorang siswa paling dominan memilih b maka siswa tersebut bergaya belajar auditorial, jika seorang siswa banyak memilih c maka siswa tersebut bergaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil angket dipilih 1 siswa dengan gaya belajar visual jika ada beberapa siswa yang memiliki gaya belajar visual maka peneliti berdiskusi dengan guru bidang studi tentang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan siswa yang menerima informasi dengan mudah. Data dikumpul melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Subjek bergaya belajar visual mampu menuliskan dan menjelaskan secara baik semua informasi yang diperoleh dari soal. Mampu menuliskan simbol matematika dalam menuliskan informasi dan pada saat menuliskan penyelesaian dari soal. Mampu. Mampu menuliskan dan menjelaskan mengenai rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal tersebut. Ia juga mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang ia gunakan hingga mendapatkan hasil yang benar dan kemudian ia juga mampu memberikan kesimpulan yang benar secara tulisan maupun lisan. Mampu menuliskan dan menjelaskan mengenai rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal tersebut. Mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian yang ia gunakan hingga mendapatkan hasil yang benar. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, soal determinan matriks, gaya belajar visual |