Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII C MTs Negeri 2 Kota Palu
Nama: MIRNAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleholeh deskripsi tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII C MTs Negeri 2 Kota Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Negeri 2 Kota Palu yang berjumlah 32 orang dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan 3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif dengan memadukan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada fase mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kooperatif dan fase membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar. Pada fase mengorganisasikan siswa kedalam kelompok kooperatif, guru mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajar dan terbentuk tiga jenis kelompok, yaitu (1) Kelompok visual, siswa visual diberikan bahan ajar dalam bentuk powerpoint, (2) Kelompok auditori, siswa auditori diberikan bahan ajar dalam bentuk video pembelajaran, dan (3) Kelompok kinestetik, siswa kinestetik diberikan printout bahan ajar beserta alat peraga. Sedangkan pada fase membimbing kelompok dalam bekerja dan belajar, guru membimbing tiap kelompok dengan cara yang berbeda-beda sesuai gaya belajar masing-masing kelompok, yaitu (1) Kelompok visual, guru mengarahkan siswa untuk menggambarkan kembali bangun ruang sisi datar pada kertas kemudian menjelaskannya, (2) Kelompok auditori, guru menjelaskan kembali contoh soal yang telah dijelaskan dalam video dengan bahasa yang lebih sederhana agar siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan, dan (3) Kelompok kinestetik, guru mengaitkan materi dengan alat peraga yang digunakan agar siswa dapat lebih mudah memahaminya karena diberikan contoh bentuk nyata dari materi yang dipelajari. Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar This study aims to obtain a description of the application of differentiated learning to improve learning outcomes on the flat sided geometric material for class VIII C students of MTs Negeri 2 Palu City. The subjects of this study were 32 class VIII C MTs Negeri 2 Palu City students and three students were selected as informants. This research is Classroom Action Research which refers to the research design of Kemmis and Mc. Taggart namely 1) planning, 2) implementation of actions and observations, and 3) reflection. This research was conducted in two cycles following the steps of the cooperative learning model by combining a differentiated learning approach in the phase of organizing students into cooperative groups and the phase of guiding groups in work and study. In the phase of organizing students into cooperative groups, the teacher groups students based on learning styles and forms three types of groups, namely (1) Visual groups, visual students are given teaching materials in the form of powerpoint, (2) Auditory group, auditory students are given teaching materials in the form of learning videos, and (3) Kinesthetic group, kinesthetic students are givenprintout teaching materials and props. Whereas in the phase of guiding groups in work and study, the teacher guides each group in different ways according to the learning styles of each group, namely (1) Visual group, the teacher directs students to re-draw the flat side shapes on paper and then explain them, (2) Auditory group, the teacher re-explains the examples of questions that have been explained in the video in simpler language so that students can better understand the material presented, and (3) Kinesthetic group, the teacher associates the material with the visual aids used so that students can more easily understand it because it is given an example of a real form of the material being studied. Keywords: Differentiated Learning, Learning Outcomes, Build Side Space Flat

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up