JudulAnalisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Gaya Kognitif |
Nama: ELVA YANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Elva Yani, 2023. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora pada Materi Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Gaya Kognitif.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan alam, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Nurhayadi, M.Si Tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mendeskripsikan tentang Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora pada Materi Operasi Hitung Pecahan Berdasarkan Gaya Kognitif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu dia org siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tombusabora tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri satu orang siswa bergaya kognitif FI dan satu org siswa bergaya kognitif FD. Data tentang gaya kognitif siswa diperoleh dengan memberikan tes GEFT, sedangkan data tentang Miskonsepsi subjek dikumpulkan dengan tugas tertulis, wawancara dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Miskonsepsi subjek bergaya kognitif FI belum dapat memahami dengan benar konsep dalam mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa akan tetapi subjek bisa menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan tugas tersebut. (2) Miskonsepsi subjek bergaya kognitif FD adalah concept errors (kesalahan konsep) yaitu subjek belum dapat memahami dengan benar aturan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan baik itu pecahan biasa ataupun pecahan campuran. Kata kunci : Analisis, Miskonsepsi, Pecahan, Gaya Kognitif, FI, FD |