JudulProfil Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 9 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika |
Nama: NUR HIKMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak tiga orang siswa kelas VIII A SMPN 9 Palu berdasarkan nilai raport pada semester ganjil 2023/2024 yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil penalaran matematis antara siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan juga rendah dalam menyelesaikan soal SPLDV. Hal ini ditunjukkan dimana siswa berkemampuan tinggi memenuhi keempat indikator yakni menganalisis situasi matematika, merencanakan proses penyelesaian, memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, dan menarik kesimpulan dengan alsan yang logis. Sedangkan siswa berkemampuan sedang hanya memenuhi tiga dari empat indikator dikarenakan terdapat kekeliruan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Dan siswa berkemampuan matematika rendah hanya memenuhi dua dari empat indikator dikarenakan siswa tidak mampu menyelesaikan soal dengan langkah yang sistematis dengan jawaban yang tepat sehingga tidak dapat menarik kesimpulan dengan alasan yang logis. |