JudulPROFIL PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: INDARWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Indarwati, 2022. Profil Penalaran Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Gaya Kognitif. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. I Nyoman Murdiana, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk memperoleh deskripsi penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat ditinjau dari gaya kognitif field independent. (2) Untuk memperoleh deskripsi penalaran matematis siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat ditinjau dari gaya kognitif field dependent. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu dua orang siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu pada semester genap 2021/2022 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa yang bergaya kognitif FI dan satu orang siswa yang bergaya kognitif FD. Data tentang gaya kognitif siswa diperoleh dengan memberikan tes GEFT, sedangkan data tentang penalaran matematis siswa dikumpulkan dengan tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil siswa bergaya kogntif FI yaitu subjek cukup mampu dalam menganalisis situasi matematika, mampu dalam merencanakan proses penyelesaiannya, mampu dalam memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, serta subjek HR mampu dalam menarik kesimpulan yang logis. (2) Profil siswa bergaya kogntif FD yaitu subjek kurang mampu dalam menganalisis situasi matematika, mampu dalam merencanakan proses penyelesaiannya, tidak mampu dalam memecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis serta subjek HQ tidak mampu dalam menarik kesimpulan yang logis. Kata kunci: Profil, Penalaran matematis, Persamaan kuadrat, Gaya kognitif, FI, FD. |