Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA PADA HASIL UJIAN TENGAH SEMESTER MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP BALA KESELAMATAN BALAMOA PADA SEMESTER GENAP BERDASARKAN METODE NEWMAN.
Nama: OLPI JENLI K
Tahun: 2023
Abstrak
Olpi Jenli K, 2023. “Analisis Kesalahan Siswa pada Hasil Ujian Tengah Semester Matematika di Kelas VIII SMP Bala Keselamatan Balamoa pada Semester Genap Berdasarkan Metode Newman”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Evie Awuy. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal UTS matematika di SMP Bala Keselamatan Balamoa berdasarkan metode Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa dari 18 siswa kelas VIII SMP Bala Keselamatan Balamoa. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan pada materi pola bilangan ialah kesalahan memahami masalah (comprehension error) yang terjadi yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, kesalahan transformasi (transformation error) yang terjadi yaitu siswa salah dalam memahami makna/konsep yang digunakan, kesalahan kemampuan proses (process skill error) yang terjadi yaitu siswa tidak dapat menjalankan prosedur dengan benar antara lain kurang teliti dalam menghitung pola bilangan dari 9 ke 12 dan 12 ke 15, dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error) yang terjadi yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir yaitu memperoleh kesimpulan jawaban tidak tepat. (2) jenis kesalahan pada materi koordinat kartesius ialah kesalahan memahami masalah (comprehension error) yaitu siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, kesalahan transformasi (transformation error) yaitu salah dalam memahami makna/konsep yang digunakan antara lain salah dalam mengerjakan titik C untuk nilai x=4 dan y=-4, dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error) yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir yaitu memperoleh kesimpulan jawaban tidak tepat. (3) kesalahan pada materi relasi & fungsi ialah kesalahan memahami masalah (comprehension error) yang terjadi yaitu siswa tidak menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan, kesalahan transformasi (transformation error) yang terjadi yaitu siswa salah dalam memahami makna/konsep yang digunakan antara lain salah dalam menempatkan relasi Carles, Alya, Ferdi dan Aril ke makanan kesukaannya, dan kesalahan penulisan jawaban (encoding error) yang terjadi yaitu siswa siswa melakukan kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir yaitu memperoleh kesimpulan jawaban tidak tepat. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Ujian Tengah Semester, Metode Newman

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up