Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Penyelesaian Soal HOTS Pada Materi Luas Permukaan Prisma Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palu
Nama: PUTRI RAMADYANA MOKI
Tahun: 2023
Abstrak
Putri Ramadyana Moki, 2023. Profil Penyelesaian Soal HOTS pada Materi Luas Permukaan Prisma oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Muh. Hasbi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan penyelesaian soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi luas permukaan prisma oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palu berdasarkan langkah-langkah polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini berjumlah 3 orang siswa, teknik pemilihannya masing-masing 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa dari kelompok berkemampuan sedang dan 1 siswa dari kelompok berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Profil siswa yang bekemampuan matematika tinggi dalam : a) Memahami masalah, subjek mampu mengidentifikasi dan menyajikan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah, b) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek menyusun rencana sesuai dengan strategi yang jelas, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek merancang penyelesaian dengan tepat, d) Memeriksa kembali, subjek memeriksa kembali jawaban dengan membuat pembuktian dan subjek juga membuat kesimpulan. (2) Profil siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam : a) Memahami masalah, subjek mampu mengidentifikasi informasi yang ada pada masalah dan menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah, b) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek menyusun rencana sesuai dengan strategi yang jelas, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek merancang penyelesaian dengan tepat, d) Memeriksa kembali, subjek tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban dan tidak membuat kesimpulan. (3) Profil siswa yang berkemampuan rendah dalam : a) Memahami masalah, subjek mampu mengindentifikasi informasi yang ada pada masalah dan menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan pada masalah, b) Menyusun rencana pemecahan masalah, subjek tidak menyusun rencana pemecahan masalah, subjek juga tidak menyebutkan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah sehingga subjek tidak memiliki strategi yang jelas dalam menyusun rencana pemecahan masalah, c) Melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan karena saat mengerjakan masalah tersebut subjek tidak mengetahui rumus yang akan digunakan, d) Memeriksa kembali, subjek tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban dan tidak membuat kesimpulan. Kata kunci : Profil, Penyelesaian Soal HOTS, Luas Permukaan Prisma, Polya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up