JudulANALISIS BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: NI KETUT ANTIKA DEWI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Palu dalam memecahkan masalah pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penggunaan tes gaya belajar, tugas tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan berpikir kritis subjek berdasarkan enam indikator yaitu, 1. Gaya belajar visual, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan informasi yang diketahui, menilai sumber kredibilitas informasi, melakukan induksi, memberikan kesimpulan sesuai fakta yang ada, mendefinisikan, dan menduga (masalah bersifat umum). 2. Gaya belajar auditorial, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan informasi yang diketahui, menilai sumber kredibilitas informasi, melakukan induksi, memberikan kesimpulan sesuai fakta yang ada, mendefinisikan, namun pada indikator menduga yaitu peserta didik belum dapat memberikan asumsi lain untuk menyelesaikan masalah, 3. Gaya belajar kinestetik, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan informasi yang diketahui, menilai sumber kredibilitas informasi, melakukan induksi, mendefinisikan, namun pada indikator menduga subjek belum dapat memberikan asumsi lain untuk menyelesaikan masalah. Kata kunci: Analisis, Berpikir kritis, Relasi dan Fungsi, Gaya Belajar. |