Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 19 PALU
Nama: RATIH BERLIANA SAKTI TAEWA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pemecahan masalah barisan bilangan melalui tahapan Newman ditinjau dari kemampuan matematis siswa kelas VIII SMPN 19 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) subjek berkemampuan tinggi : pada tahap membaca masalah siswa dapat mengerti kalimat dalam soal, tahap memahami masalah siswa dapat menentukan kalimat pernyataan dan kalimat pertanyaan, tahap transformasi masalah siswa mampu menentukan metode yang akan digunakan dalam proses penyelesaian masalah, tahap keterampilan proses siswa dapat menerapkan strategi-strategi pemecahan masalah dengan tepat, tahap memeriksa kembali siswa dapat melakukan pemeriksaan kembali langkah demi langkah dan meyakini kebenaran jawaban. (2) subjek berkemampuan sedang: pada tahap membaca masalah siswa dapat mengerti kalimat dalam soal, pada tahap memahami masalah siswa dapat menentukan kalimat pernyataan dan kalimat pertanyaan, tahap transformasi masalah siswa mampu menentukan metode yang akan digunakan dalam proses penyelesaian masalah akan tetapi tidak mampu menerapkan metode yang ada. (3) subjek berkemampuan rendah: pada tahap membaca masalah siswa dapat mengerti kalimat dalam soal, tahap memahami masalah siswa hanya menuliskan kembali informasi-informasi dalam soal tanpa dapat mengubahnya ke dalam bahasa matematika. Kata kunci : profil pemecahan masalah, kemampuan matematika, barisan bilangan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up