JudulANALISIS KESALAHAN PADA HASIL UJIAN AKHIR SEMESTER ????MATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SIGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025 BERDASARKAN METODE NEWMAN |
Nama: ARDELIUS LAMARANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menghadapi ujian akhir semester mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Sigi, dengan menggunakan pendekatan analisis Newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa: (1) Pada materi bilangan berpangkat, siswa melakukan berbagai jenis kesalahan, yaitu kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error), serta kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir (encoding error). (2) Dalam materi pola bilangan, jenis kesalahan yang ditemukan meliputi kesalahan memahami masalah (comprehension errors), kesalahan transformasi (transformation errors), dan kesalahan keterampilan proses (process skill errors) dan kesalahan penulisan jawaban (enconding errors). (3) Sementara itu, pada materi relasi dan fungsi, siswa juga melakukan kesalahan transformasi soal (Transformation Error), kesalahan kemampuan proses ( Process Skill Error), kesalahan penulisan jawaban (Encoding Error). |