JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PAMONA TIMUR PADA MATERI PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: KEVIN ANGRYAWAN RUMBA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Kevin A R, 2023. Profil Pemecahan Masalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pamona Timur pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Evie Awuy. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang pemecahan masalah pecahan ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pamona Timur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah Pecahan adalah sebagai berikut: (1) tahap memahami masalah subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah membaca masalah berulang, menyebutkan informasi yang diketahui berdasarkan kalimat pernyataan dan informasi yang ditanyakan berdasarkan kalimat perintah atau pertanyaan dari masalah dengan tepat. (2) tahap menyusun rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam membuat rencana pemecahan masalah yaitu menyebutkan informasi yang ditanyakan untuk membuat model matematika dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan pecahan berdasarkan yang diketahui dengan tepat. (3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya dengan tepat, sedangkan subjek berkemampuan sedang dan rendah melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya tetapi tidak tepat. (4) tahap memeriksa kembali hasil pemecahan subjek berkemampuan tinggi tidak menuliskan cara pengecekan jawaban, namun ketika di wawancara oleh peneliti, subjek berkemampuan tinggi mampu memeriksa kembali jawaban yang sudah dituliskan. Sedangkan subjek berkemampuan sedang dan rendah sudah yakin dengan jawabannya dan tidak melakukan pemeriksaan kembali jawabannya, karena tidak paham cara untuk melakukan pemeriksaan kembali jawaban Kata kunci: Profil Pemecahan Masalah, Masalah Pecahan, Tahapan Polya Kemampuan Matematika |