| JudulPROFIL EPISTEMOLOGICAL OBSTACLE SISWA MAN 2 PALU PADA MATERI BARISAN GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN |
| Nama: ARNILAM |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memprofilkan Epistemological Obstacle siswa pada barisan geometri ditinjau berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Palu, Sulawesi Tengah, pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian adalah masing-masing satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswi perempuan dikelas ?N. Subjek dipilih berdasarkan purpose sampling sesuai dengan kriteria indikator. Data diperoleh melalui tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini, siswa laki-laki dan siswi perempuan sama-sama mengalami hambatan epistemologi, yaitu hambatan konseptual, hambtan prosedural, dan hambatan teknik operasional. Subjek laki-laki mengalami hambatan epistemologi disebabkan oleh kebiasaan tidak menuliskan rumus, mengerjakan soal secara langsung yang hanya mementingkan hasil akhir tidak secara langkah-langkah yang sistematis dan tidak memperhatikan penulisan konstanta/ variabel saat mengerjakan soal. Hambatan epistemologi pada subjek perempuan disebabkan oleh subjek kurang memahami konsep barisan geometri, salah ketika memanipulasi langkah-langkah saat menyelesaikan soal, dan kurang teliti dalam penulisan konstanta/ variabel. Kata Kunci: Profil, Epistemological Obstacle, Perbedaan Jenis Kelamin, Barisan Geometri. |