JudulANALISIS METAKOGNISI SISWA KELAS XI SMA KARUNA DIPA PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH BARISAN DAN DERET ARITMETIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: FAHRUL ISLAM |
Tahun: 2024 |
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metakognisi siswa SMA Karuna Dipa Palu berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah barisan dan deret aritmetika ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Karuna Dipa Palu tahun ajaran 2023/2024 dengan masing-masing satu siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas tertulis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua instrumen yaitu instrumen utama yaitu peneliti sendiri, dan instrumen pendukung yaitu lembar tugas tertulis dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Metakognisi siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah oleh Polya memenuhi semua indikator memahami masalah dengan baik meskipun tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah dengan baik; (2) metakognisi siswa berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah oleh Polya memenuhi indiKator dengan sangat memuaskan, tertulis secara detail; (3) metakognisi siswa berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah oleh Polya belum cukup baik dalam semua indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, dan memeriksa hasil pemecahan masalah. |