JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN 1 PALU PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: NURHALISA FITRA SARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Nurhalisa Fitra Sari, 2022. Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI MAN 1 Palu pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Dasa Ismaimuza, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa kelas XI MAN 1 Palu pada materi barisan dan deret ditinjau dari gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas XI MAN 1 Palu pada semester genap 2021/2022 dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Data tentang gaya belajar siswa diperoleh dengan memberikan angket gaya belajar, sedangkan data tentang pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan tugas tertulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar visual yaitu SV memahami masalah dengan menuliskan secara rapi dan menyebutkan informasi berupa hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, SV membuat rencana pemecahan masalah menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai materi barisan dan deret, SV tidak melaksanakan rencana pemecahan masalah, hanya bisa mendapatkan nilai suku kedua dan tidak mengetahui cara mencari nilau suku lainnya yang akan digunakan kedalam rumus rasio yang ada sehingga tidak dapat menyelesaikan masalah, subjek tidak memeriksa kembali jawaban karena tidak dapat menyelesaikannya. (2) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar auditorial yaitu SA mencoba memahami masalah dengan membaca soal secara berulang dengan suara keras, SA kurang baik dalam memahami atau mengidentifikasi informasi yang terdapat pada soal yaitu masi keliru dalam menuliskan informasi yang diketahui pada soal., SA membuat rencana pemecahan masalah menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai materi barisan dan deret, SA melaksanakan rencana pemecahan masalah namun kurang teliti sehingga terjadi kesalahan pada hasil akhirnya, subjek tidak memeriksa kembali jawabannya. (3) Profil pemecahan masalah matematika subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu SK memahami masalah dengan cara mempraktekkan menggunakan tangannya lalu menulisakan dan menyebutkan informasi berupa hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal, SK membuat rencana pemecahan masalah menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai materi barisan dan deret, SK melaksanakan rencana pemecahan masalah dengan menghubungkan informasi yang diperoleh dari tahap memahami masalah dengan strategi yang telah direncanakan kemudian menjalankan rencana tersebut dengan baik dan benar, dan subjek dapat menyimpulkan jawaban dan yakin setelah memeriksa kembali jawaban menggunkan cara lain. . Kata kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Barisan dan Deret, Gaya Belajar. |