Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI MIA SMA S GKST IMANUEL PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN FUNGSI ALJABAR DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT DAN INTROVERT
Nama: FEBRIANI JESSILIA PAESA
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI MIA SMA S GKST Imanuel Palu dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkepribadian extrovert dan satu siswa berkepribadian introvert. Data tentang kemampuan penalaran siswa diperoleh berdasarkan hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa berkepribadian extrovert dalam menganalisis situasi matematika dapat mengerti masalah yang terdapat pada soal dan dapat menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan, mampu dalam merencanakan proses penyelesaian berdasarkan informasi yang diperoleh dan menggunakan rumus yang sesuai dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian, mampu memecahkan masalah dengan langkah yang sistematis sesuai dengan yang telah direncanakan namun belum mampu menentukan nilai turunan dari suatu fungsi dengan benar dan melakukan kesalahan dalam melakukan operasi hitung serta kurang teliti dan cenderung tergesa-gesa pada saat menyelesaikan masalah, belum mampu menarik kesimpulan yang logis di akhir penyelesaiannya. (2) siswa berkepribadian introvert dalam menganalisis situasi matematika dapat mengerti masalah yang terdapat pada soal dan dapat menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan, mampu dalam merencanakan proses penyelesaian dengan menghungkan informasi-informasi yang diperoleh dan menggunakan rumus yang sesuai dalam menyusun langkah-langkah pemecahan, mampu memecahkan masalah dengan langkah yang sistematis sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya serta melibatkan pengetahuannya menganai materi turunan fungsi dan menggunakan operasi hitung dengan benar dan tepat serta teliti dan ulet pada saat menyelesaikan masalah, mampu menarik kesimpulan yang logis berdasarkan langkah-langkah pemecahan di akhir penyelesaiannya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up