JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS X MAN 1 KOTA PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SPLTV BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN |
Nama: REZKI AMALIAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Rezki Amaliah, 2022. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MAN 1 Kota Palu dalam Menyelesaiakan Soal Cerita pada Materi SPLTV Berdasarkan Tahapan Newman”. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program. Universitas Tadulako, Pembimbing Ibnu Hadjar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X MAN 1 Kota Palu dalam menyelesaikan soal cerita pada materi SPLTV berdasarkan prosedur Newman. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 27 siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Kota Palu. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tugas dan metode wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan membaca soal (reading errors) dilakukan oleh semua subjek penelitian, hal tersebut ditandai dengan semua subjek tidak menyebutkan simbol mata uang rupiah untuk harga buah-buahan ketika diminta untuk membacakan kembali soal nomor 1. (2) kesalahan memahami masalah (comprehension errors) hanya dilakukan oleh satu subjek penelitian, hal tersebut ditandai dengan subjek menuliskan apa yang diketahui dalam soal tetapi ada kata yang tidak lengkap. (3) kesalahan transformasi soal (transformation errors) dilakukan oleh semua subjek penelitian, hal ini ditandai dengan subjek gagal dalam memahami soal-soal untuk diubah kedalam kalimat model matematika yang benar. (4) kesalahan keterampilan proses (process skill errors) ini dilakukan oleh semua subjek penelitian, hal ini ditandai dengan subjek salah dalam melakukan proses perhitungan karena telah terjadi kesalahan pada tahapan sebelumnya. (5) kesalahan penulisan jawaban (encoding errors) dilakukan oleh dua subjek penelitian, hal tersebut ditandai dengan subjek subjek salah dalam menuliskan jawaban akhirnya dan menulisakan jawaban akhir dengan benar tetapi tidak lengkap. Adapun penyebab kesalahan tersebut meliputi siswa tidak memahami soal dan tidak teliti dalam memperhatikan kata-kata, satuan atau simbol-simbol pada soal, siswa gagal dalam memahami soal untuk mengubah informasi soal kedalam kalimat matematis yang benar dan tidak teliti pada saat proses mengubah soal kedalam bentuk matematika, siswa tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, lupa dalam mengoperasikan jawaban, dan tidak mengecek kembali jawaban. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, SPLTV, Newman |