Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT METODE NEWMAN DALAM MENYELESAIAKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMK NEGERI 2 PALU
Nama: PAULINA FABIOLA SUNSUMI
Tahun: 2023
Abstrak
Paulina Fabiola Sunsumi, 2023 Analisis Kesalahan Siswa Menurut Metode Newman Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMK Negeri 2 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Dasa Ismaimuza, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BDP 2 SMK Negeri 2 Palu yang berjumlah 2 orang yaitu siswa SW dan siswa S. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel kelas X BDP 2 SMK Negeri 2 Palu adalah 1) kesalahan membaca (reading errors), tidak ada siswa yang melakukan kesalahan karena pada saat diminta untuk membaca soal siswa dapat membaca soal dengan baik . 2) Kesalahan memahami masalah (comprehension errors), yakni siswa mengetahui apa saja yang diketahui dengan lengkap, mampu menjelaskan apa yang diketahui dengan menggunakan kalimat sendiri, dan mampu memahami apa yang ditanyakan sesuai dengan permintaan soal. 3) Kesalahan transformasi (transformation errors), yakni siswa SW dan S salah menentukan cara/metode yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal hal ini terjadi karena kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal dalam bentuk cerita dengan variasi yang berbeda yang membuat siswa kebingungan ketika mendapat soal cerita yang belum dikerja sebelumnya. 4) Kesalahan keterampilan proses (process skills errors), siswa Sw dan S tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang benar untuk menyelesaikan soal, dan salah dalam melakukan proses perhitungan yaitu dalam mengoperasikan bilangan. 5) Kesalahan penulisan jawaban (enconding errors) siswa SW dapat menentukan jawaban akhir dari soal akan tetapi hasil jawaban SW tidak sesuai dengan kunci jawaban yang ada dikarenakan kesalahan yang dilakukan pada tahap sebelumnya, sedangkan untuk siswa S menuliskan jawaban secara singkat tanpa menyimpulakan jawaban sesuai permintaan soal. Kata Kunci: Analisis Kesalahan; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Analisis Kesalahan Newman.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up