JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Menggunakan Invers Matriks Ordo 3×3 Berdasarkan Kriteria Newman Pada Siswa Kelas XI IPA 3 Di MAN 2 Palu |
Nama: NURZILLATUM NADYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk dilakukan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan invers matriks ordo 3×3 berdasarkan kriteria Newman pada siswa kelas XI IPA 3 di MAN 2 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 36 siswa. Pengambilan subjek dalam penelitian ini ialah menentukan siswa yang paling banyak melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data dengan memberikan tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan invers matriks ordo 3×3 berdasarkan kriteria Newman pada siswa kelas XI IPA 3 di MAN 2 Palu, pada soal nomor 1, siswa tidak melakukan kesalahan membaca tapi banyak melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan hasil akhir. Pada saat menyelesaikan soal nomor 2, subjek mulai menyelesaikan masalah dengan melakukan pemahaman masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan hasil akhir dengan benar meskipun dalam penulisannya ada berapa kesalahan akibat kurangnya ketelitian. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang paling jarang terjadi adalah kesalahan membaca dan kesalahan yang paling sering dilakukan adalah kesalahan memahami. Terjadinya kesalahan memahami dapat menjadi penyebab kesalahan selanjutnya terjadi seperti kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penulisan hasil akhir. Adapun penyebab lain dari kesalahan yang terjadi adalah kurangnya ketelitian saat menuliskan atau membaca bagian-bagian penyelesaian masalah. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kriteria Newman, Matriks |