JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limas Dan Prisma Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman Kelas IX SMP Negeri 9 Palu |
Nama: MUHAMMAD FAD'LY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 9 Palu tahun ajaran 2021/2022 dalam menyelesaikan soal limas dan prima berdasarkan metode analisis kesalahan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 9 Palu yang terdiri dari 3 siswa yang terbagi menjadi 1 siswa berkemampuan rendah, 1 siswa berkemampuan sedang dan 1 siswa berkemampuan tinggi. Hasil penelitian menunjukan: kesalahan memahami soal, siswa berkemampuan tinggi dan rendah salah menuliskan hal diketahui dari soal materi volume prisma dimana siswa menuliskan ukuran lebarnya 50 cm yang seharusnya 90 cm, siswa berkemampuan sedang tidak mengetahui hal diketahui dari soal materi prisma dan siswa berkemampuan rendah tidak mengetahui hal diketahui dari soal limas; kesalahan transformasi, siswa berkemampuan rendah tidak mengetahui rumus menentukan volume prisma dan luas permukaan limas dan siswa berkemampuan sedang tidak mengetahui rumus menentukan volume prisma; kesalahan kemampuan proses, siswa berkemampuan tinggi dan sedang salah dalam langkah-langkan untuk menyelesaikan soal materi prisma dan siswa berkemampuan rendah dan sedang kesalahan yang dilakukan sebelumnya yaitu kesalahan memahami; kesalahan penulisan jawaban, siswa berkemampuan rendah tidak dapat menyelesaikan soal luas permukaan limas dan siswa berkemampuan tinggi dan sedang tidak dapat menyelesaikan soal volume prisma dengan tepat. |